KKN UNSOED 2023 DI DESA CENGGINI

(06/07/2023) – Desa Cenggini, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal Kedatangan Mahasiswa KKN dari Universitas Jenderal Soedirman. Mahasiswa yang datang mengikuti kegiatan KKN berjumlah 10 Mahasiswa dengan berbagai macam program Study (Raafi Yanuar A.1, Atqan P.2, Yosafat Nathenvasuryo A. H.3, Lutfiah S.4, Dea L.5, Rizqi A.6, Rahma Ayulia H.7, Anggun Dini S.8, Aisya  A.9, dan Adista M. Ardian10) dengan tenggang waktu pelaksanaan dimulai tanggal 6 Juli 2023 hingga 9 Agustus 2023.

Foto Bersama Anggota KKN di Balaidesa Cenggini

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan sebuah bentuk kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa yang mana ditujukan untuk melakukan pengabdian terhadap suatu daerah bermasyarakat atau di desa. Sama halnya dengan Universitas Jenderal Soedirman yang ikut serta dalam kegiatan KKN ini, bagi Mahasiswa yang menginjak semester 6 menuju ke 7 diharapkan untuk berpatisipasi dalam kegiatan KKN ini. Mahasiswa Unsoed ini harus melaksanakan kegiatan KKN selama 35 hari.

KKN sangat idektik dengan kegiatan penyaluran bantuan dan memberikan aspirasi kepada Masyarakat atau warga desa. Tiap Mahasiswa yang akan melakukan kegiatan KKN diwajibkan untuk memilih dan merancang sebuah Program Kerja selama nanti akan menjalankan kegiatanya. Setiap mahasiswa memilki satu divisi atau bagian perbidang dalam menentukan program kerjanya. Program kerja ini diarahkan untuk membantu sebuah kemajuan desa yang awalnya tertinggal atau supaya lebih melampaui kesetaraan dengan desa lainya sama halnya desa Cenggini ini yang berada di pelosok daerah Kabupaten Tegal. Dari 10 mahasiswa yang megikuti program KKN ini mereka memilki divisi dan bagianya masih-masing.

Kegiatan ini diselaraskan secara bersama-sama sesuai dengan program kerja masing-masing mahasiswa, tetapi pengerjaan pelaksanaan dilakukan oleh semua anggota kelompok mahasiswa ini. Mari Simak Pelaksanaan kegiatan Program Kerja KKN di Desa Cenggini, diantaranya:

Divisi Pemberdayaan Lingkungan

Dalam Program Kerja Divisi Pemberdayaan Lingkungan, kami berusaha untuk mengenalkan konsep gaya hidup zero waste kepada masyarakat guna menciptakan lingkungan yang lebih baik. Untuk itu kami melakukan beberapa kegiatan, diantaranya:

Melakukan penanaman terhadap 40 bibit cabai, 20 bibit terong, dan 30 benih mentimun yang sudah tersebar di beberapa rumah warga di Desa Cenggini.

Foto Bersama dalam Rangka Penanaman Bibit Tanaman di Rumah Warga

Melakukan Pembuatan Home Decomposter  yang dilakukan di 9 Rumah Warga.

Foto Pembuatan Decomposer di Lahan Warga Desa

– Melakukan Sosialisasi terhadap warga Desa mengenai Pengelolaan Sampah Organik dan Anorganik.

Foto pada saat Sosialisasi dengan Warga di Balaidesa mengenai Pengelolaan Sampah Organik dan Anorganik

Membuat pestisida nabati dari berbagai bahan organik yaitu Daun pepaya, bawang putih, dan juga lengkuas.

Foto saat pembuatan cairan pestisida untuk tanaman

Divisi Pelayanan Pemerintahan Desa

Ada juga Divisi Pelayanan dan Pemerintahan Desa, dimana divisi tersebut mengemban tugas untuk melakukan perbaikan dan mentoring terhadap perangkat desa agar pelayanan dan pemerintahan desa tidak mengalami ketertinggalan teknologi. Isi dari program kerja divisi Pelayanan dan Pemerintahan desa yang telah dilakukan yaitu melakukan dan membantu penginputan data pelayanan di Balaidesa serta mengupdate kegiatan KKN pada website Desa Cenggini selama KKN berlangsung.

Foto pada saat melakukan penginputan data Pelayanan di Balaidesa

Divisi Ekonomi

Lalu, dalam berbagai divisi lainya program kerja KKN ini juga menggerakkan sistem ekonomi desa dalam aspek divisi Ekonomi Desa. Divisi ini merujuk pada kegiatan perekenomian desa agar terkesan lebih maju dan mencapai taraf kesehjateraan. Program Kerja Divisi Ekonomi Desa diantaranya :

Membantu melakukan Inventaris UMKM bersama para ibu-ibu pegiat UMKM Desa

Foto bersama salah satu ibu pelaksana usaha UMKM

Melakukan pendampingan produksi UMKM

Melakukan sosialisasi terkait dengan strategi pemasaran UMKM

Foto bersama team UMKM Desa di Balaidesa

Melakukan pendampingan Bumdes di Balawana Park

   Foto bersama salah satu owner UMKM di Bumdes

Divisi Kesehatan

Selanjutnya ada juga divisi Kesehatan Masyarakat, divisi ini tentunya berkontibusi dalam penanganan kesehatan masyarakat desa setempat. Divisi ini berfungsi sebagai kontrol taraf kesehatan Desa agar tidak ada masyarakat yang terjangkit penyakit berbahaya. Beberapa pelaksaan program kerja divisi Kesehatan Masyarakat diantaranya :

Melakukan Kegiatan pemeriksaan posyandu untuk balita

  Foto saat pelaksaan pemeriksaan posyandu bersama balita

Melakukan sosialisasi mengenai pengenalan produk sehat dengan membuat olahan pangan fungsional yaitu nugget tempe

Foto saat pelaksanaan sosialisasi produk sehat

Melakukan sosialisasi penyuluhan mengenai Stanting kepada warga desa

Foto saat melakukan penyuluhan stunting kepada warga

Divisi Pendidikan

Dalam aspek pendidikan juga divisi kami melakukan program kerja. Divisi pendidikan ini bergerak untuk membantu sedikit memperbaiki taraf pendidikan desa Cenggini khususnya pada anak-anak. Dengan begitu sumber daya manusia di desa tersebut dapat merata dengan desa lainnya bahkan bisa lebih unggul. Program kerja divisi pendidikan ini diantaranya:

Melakukan Pengajaran secara langsung di Madrasah Ibtidaiyah Desa Cenggini

Foto bersama anak-anak yang duduk di Sekolah Dasar dalam memberikan pelajaran secara mentoring

Memberikan bimbingan belajar kepada anak-anak di Sekitar Desa Cenggini

Foto saat melakukan kegiatan bimbingan belajar bersama anak-anak di Posko

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *